2. PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Seiring dengan perkembangan teknologi, produk−produk
baru bermunculan dan mulai dilibatkan dalam aktivitas bisnis. Persaingan pun
semakin seru, masuknya pendatang baru membawa angin segar dalam kompetisi
produk. Ketika pengiklan dihadapkan dengan kenyataan yang ada, salah satu cara
yang paling tepat adalah melakukan riset perilaku konsumen untuk menciptakan
iklan yang efektif. Untuk dapat melakukan proses strategi pemasaran lainnya
pun, ternyata mengharuskan pemasar untuk memaham iterlebih dahulu konsumennya.
Mereka harus mengakrabkan diri dengan cara berpikir konsumen dengan
faktor-faktor yang memotivasi mereka dengan lingkungan dimana mereka hidup.
Kebutuhan dan keinginan para konsumen terus berubah. Agar berhasil, para
pemasar perlu bersungguh-sungguh berupaya untuk menentukan kebutuhan konsumen
mereka sekarang. Perilaku konsumen menjadi dasar yang amat penting dalam
pemasaran dan periklanan. Riset konstan terhadap perilaku konsumen dan
faktor−faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian sangatlah penting.
Setiap pemasar berkewajiban untuk memahami konsumen
untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Tanpa mengenal konsumen,
pemasar akan mendapatkan kesulitan yang akhirnya dapat menjauhkannya dari
konsumen. Jika konsumen sudah jauh dari bisnis yang dijalankan pemasar, menjadi
pertanda bisnis yang sedang dijalanan dan dikembangkan akan berujung pada
kegagalan. Setidaknya terdapat 3 (tiga) hal yang wajib diketahui oleh pemasar
atas konsumennya, yaitu :
• Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen
• Mengetahui apa seleranya
• Bagaimana
konsumen mengambil keputusan
Alasan Mempelajari Perilaku Konsumen Terdapat
beberapa alasan pentingnya mempelajari Perilaku Konsumen, antara lain :
1. Analisis Konsumen sebagai Dasar Manajemen
Pemasaran. Analisis ini akan membantu para manajer untuk :
a. Mendesain bauran pemasaran
b. Mensegmen pasar bisnis
c.
Memposisikan dan mendirensiasikan produk
d.
Melaksanakan analisis lingkungan
e. Mengembangkan studi riset pasar
2. Perilaku
konsumen harus memainkan peranan yang penting dalam pengembangan kebijakan
publik
3. Studi perilaku konsumen akan memungkinkan
seseorang menjadi konsumen yang lebih efektif
4. Analisis konsumen memberikan pengetahuan
menyeluruh tentang perilaku manusia
5. Studi perilaku konsumen juga memberikan tiga
jenis informasi :
a. Orientasi Konsumen
b. Fakta-fakta tentang perilaku manusia
c. Teori-teori yang menjadi pedoman proses pemikiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar