1.
PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen
adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli,
menggunakan, mengevaluasi, dan membuang
produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Studi perilaku konsumen muncul
seiring dengan berkembangnya konsep pemasaran, yang merupakan cara pandang pemasar dalam
menghadapi konsumen dan pesaingnya, di mana pemasar berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen secara lebih efektif dari para pesaingnya.
Tujuannya adalah
memperoleh kepuasan pelanggan. Sehingga ilmu perilaku konsumen dibutuhkan untuk
mengidentifikasi apa kebutuhan dan
keinginan konsumen dan pelanggan tersebut sehingga pemasar mampu menyusun dan mengimplementasikan strategi
pemasaran yang tepat untuk karakteristik konsumen yang menjadi target pasar.
Pemahaman tentang
konsumen ini diperoleh pemasar melalui penelitian-penelitian perilaku konsumen
sehingga dapat dipertanggung-jawabkan
kebenaran informasi yang terima dan digunakan dalam penyusunan strategi pemasaran. Perilaku konsumen terkait dengan strategi
pemasaran, di mana pemasaran harus mampu menyusun kriteria pembentukan segmen konsumen, kemudian
melakukan pengelompokan dan menyusun profil dari konsumen tersebut. Kemudian, pemasar memilih salah
satu segmen untuk dijadikan pasar sasaran. Dan setelah itu, pemasar menyusun dan mengimplementasikan
strategi bauran pemasaran yang tepat untuk segmen tersebut.
Link
http://id.scribd.com/doc/81589423/Apa-Yang-Dimaksud-Dengan-Perilaku-Konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar